Gak terasa sudah sebulan menyandang gelar certified Inventor 2013 Professional tepatnya semenjak tanggal 8 Februari 2013 kemarin. Rasanya setelah certified Inventor menurut saya biasa-biasa saja, ga ada sesuatu yang istimewa terjadi dalam hidup saya. Tapi banyak sekali kawan-kawan yang bertanya mengenai sertifikasi Inventor, mulai dari apa saja yang diujikan, kapan ujian dilaksanakan, biaya yang dibutuhkan, manfaat sertifikasi dan lain sebagainya.

So, pada postingan kali ini saya ingin sekali berbagi pengalaman saya ketika sertifikasi dilaksanakan dan mudah-mudahan memberi gambaran kepada kawan-kawan mengenai jenis sertifikasi yang satu ini.

Nah gan, ini salah 2 bukti ane udah Certified Inventor 2013 Professional, ane boleh gunain logo ini di kartu nama ane. (Padahal kartu nama aja belum punya,,,gkgkgk

Inventor_2013_Certified_Professional_BLK

Inventor_2013_Certified_Professional_RGB

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sejarah Sertifikasi Inventor di Indonesia

Menelisik kebelakang sejenak, sebelum tahun 2013, kawan-kawan dari Indonesia yang ingin melakukan sertifikasi harus pergi ke Singapura atau Malaysia karena baru di negara tersebut yang membuka test center. But untuk Inventor sendiri certified dari Indonesia tidak banyak, kebetulan kakak senior di tempat kerja sebut saja Pak AZ, sekarang adalah certified Inventor professional tahun 2012. Ketika ditanya kenapa ikut sertifikasi dan walhasil sertifikasi ini adalah salah satu syarat untuk mengajar di Malaysia. Kakak senior ini dulunya pengajar dan mendapat panggilan untuk mengajar di Malaysia, karena Malaysia punya rule seperti itu, mau tak mau dia pun ikut sertifikasi. Inilah orang-orang yang telah tercertified Inventor Profesional tahun 2012, oh iya sampai lupa, sertifikasi ini layaknya SIM, harus diperbaharui setiap tahunnya.

sertifikasi 1

 

 

 

 

N ini nama orang-orang yang sudah Certified Inventor 2013 Professional

*Nama ane ada juga ternyata gan,,, hhe

sertifikasi 2

 

 

 

 

 

Sertifikasi Inventor

Jenis sertifikasi yang diadakan ialah bersifat certified of acknowledgement atau lebih mudahnya sertifikasi ini menunjukkan bahwa si certified (orang yang telah lulus sertifikasi) dikatakan bahwa ia telah mampu mengoperasikan software dalam hal ini Inventor dengan standard yang telah diberikan oleh Autodesk, kalau saya boleh pinjam bahasa kawan saya sertifikasi ini hanya menunjukan “ nih lo w udah bisa pake Inventor”.

So, apa manfaat yang bisa kita peroleh dari sertifikasi ini. Ini juga salah satu pertanyaan yang masih menjadi tanda tanya buat saya, karena saya sendiri belum menemukan satu forum milik Autodesk Indonesia yang khusus yang menyediakan akses informasi bagi certified untuk mengetahui perusahaan mana saja yang menggunakan softwarenya dalam hal ini kita berbicara Inventor. Kenapa menurut saya itu penting? Karena kita tidak tahu perusahaan mana yang bisa kita jadikan “sasaran” untuk menaruh lamaran kita.

N ini tampilan sertifikat yang bakal agan dapet,

sertifikasi 3

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Sertifikasi Inventor

Ada 2 jenis sertifikasi Inventor yang bisa Anda ambil yaitu Autodesk Inventor Certified User dan Certified Inventor 2013 Profesional. Tahun ini teman-teman bebas memilih diantara keduanya mana yang ingin teman-teman ambil. Karena sebelumnya teman-teman bila ingin melakukan sertifikasi Inventor Profesional, teman-teman harus melewati ujian Inventor Associate (sekarang namanya Certified User).

Certified User terdiri dari 30 pertanyaan yang harus teman-teman jawab tanpa membuka Inventor. Saya tidak tahu passing grade yang ditentukan, karena kemarin saya tidak mengikuti jenis sertifikasi ini. Sedangkan Inventor Profesional terdiri dari 35 pertanyaan yang harus teman-teman jawab dengan passing grade 74% (26 soal benar) dan boleh membuka Inventor, karena ujiannya kita diharuskan melakukan modifikasi file dan membuat file. *saya sendiri kemarin salah 4 soal.  hhi….

 

Bagaimana bila saya gagal?

Kalau gagal ya gagal, mau mengulang bisa saja, cukup isi ulang kartu prabayar Anda dan perkuat materi yang membuat Anda gagal.

 

Kapan saya bisa ikut sertifikasi Inventor?

Sertifikasi ini waktunya fleksibel artinya kapanpun Anda siap, secara materi dan finansial Anda bisa mengikuti sertifikasi.

 

Berapa biaya yang saya butuhkan?

Sewaktu saya sertifikasi biayanya 150 US, tinggal kawan-kawan konversi saja ke IDR.  Kebetulan saya waktu itu dapat kupon gratis karena saya adalah satu pemenang di ajang Asean Skills Competition bidang lomba Mechanical Engineering-CAD.

 

So yang saya perlu persiapkan?

Intinya santai aja, pelajari materinya and siapkan materi financenya juga. Bawa laptop sendiri, karena laptop tidak disediakan, pastikan wireless antum jalan, jangan lupa berdoa cause everything can happened.

 

Okey, Saya sekarang saya cukup mengerti mengenai sertifikasi ini, saya ingin tahu materi apa saja yang diujikan?

Layaknya kisi-kisi di UAN, autodesk juga mengeluarkan kisi-kisi agar calon certified mampu melewati ujian. Ini adalah materi yang diujikan baik Certified User ataupun Professional.

link download kisi-kisi sertifikasi 

 

Pengen tau dong suasana pas sertifikasi? Penasaran jadinya nih…

Okey supaya agan agawati ada gambaran suasana tempatnya, ga menyeramkan, sambil sertifikasi saya masih bisa narsis narsis kok. hhe

suasana sertifikasi

suasana sertifikasi 2

suasana sertifikasi 3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Wah, ternyata banyak juga saya nulis. Summary, sertifikasi ini bisa dikatakan penting dan tidak penting. But buat saya pribadi untuk saat ini belum ketauan pentingnya seperti apa karena saya belum menggunakan sertifikat yang saya peroleh dan tidak tahu seberapa besar pengakuan sertifikasi ini di dunia industri. But overall, bila kawan-kawan ingin mencoba sertifikasi sebaiknya pelajari materi yang akan diujikan karena sayang juga kan kalo udah bayar tapi ga lulus n buat temen-temen kalau pengen persiapan untuk sertifikasi, silakan koment atau kontak ane di 0857 198 956 95 atau bisa juga email ke dwi.tangerang80@gmail.com ,kebetulan ane masih apal betul soal-soalnya and ane catet. Paling engga seperti itulah nanti sertifikasi akan berlangsung. So akhir kata salam hangat dari Let’s CAD.

*berita unik, saking keasikan nulis, pas selesai ane baru sadar kalo tadi beli es krim n pas liat es krim ane udah mencair….huft…

-Ingin training Inventor? Auto CAD atau Solidworks, silakan kontak ane di nomor 0857 198 956 95 or email aja ke dwi.tangerang80@gmail.com –

About dwi

I’m a student of Darma Persada University, East Jakarta and take Mechanical Engineering major. Easy going trainer and hard worker. Please find me on facebook. https://www.facebook.com/dwi.darsono.71 email : dwi.tangerang80@gmail.com or HP +62 857 198 956 95

One response »

  1. Aditya mengatakan:

    waah makasih bnyk nih infonya, kbetulan sy jg pengen ikutan AUx bulan depan.

Tinggalkan Balasan

