Pasti temen-temen pernah atau bahkan sering mendengar kata CAD, but untuk kaum engineering pasti istilah ini sudah tidak asing lagi. CAD adalah kependekan dari Computer Aided Design adalah suatu cara yang dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia dalam mendesain sesuatu baik electrical, mechanical, arcitectural atau lainnya dengan menggunakan komputer. Dengan CAD, pekerjaan yang akan kita lakukan akan menjadi lebih mudah.

Beberapa keuntungan yang bisa kita peroleh bila kita mendesain dengan menggunakan komputer adalah menghemat waktu. Ya, tentu saja. Sebagai contoh, bila terjadi kesalahan, kita dengan mudah bisa mengeditnya kembali, bayangkan bila suatu gambar yang rumit telah kita gambar dengan waktu yang cukup lama, ketika kita periksa terjadi beberapa kesalahan dan dikerjakan secara manual. Tidak hanya lama dalam mengedit, kita pun mungkin bisa menjadi frustasi. Tapi hal itu tidak akan kita alami jika kita menggunakan CAD. Belum lagi kalau kita membicarakan efisiensi alat yang kita gunakan, kerapihan dalam pengarsipan dan lain sebagainya. Saya rasa inilah alasan yang cukup kuat agar kita belajar CAD secepat mungkin sesuai field-nya masing-masing. Tapi pada kesempatan ini saya akan lebih fokus pada field Mechanical Engineering atau Teknik Mesin. Banyak software yang terdapat di pasaran di field ini seperti Solid Work dan Catia dari Perusahaan Dassault Systemes, Pro Engineering, Cadenass, dll. Tidak akan cukup waktu kita untuk menguasai semua software tersebut. Tapi dengan menguasai salah satu dari software tersebut kita sudah mampu mendesain sesuatu dengan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan software tersebut.

Pada kesempatan kali ini saya ingin menawarkan referensi software yang saya gunakan, yaitu Inventor dan AutoCad. Bukan tanpa alasan saya menggunakan software tersebut, sebelum menjadi familiar dengan software ini pun saya sudah mencoba software-software yang tadi saya sebutkan, namun beberapa hal yang menurut saya merupakan kelebihan dari software ini adalah kebanyakan perusahaan Engineering menggunakan software ini sehinnga sangat support bila Anda menguasai software ini untuk bekerja. Tidak hanya itu, kemudahan penggunaan toolnya menjadikan software ini lebih familiar. Auto CAD memiliki kelebihan dalam sket 2D-nya. Sedangkan Inventor merupakan software yang menurut saya sangat menyenangkan karena kemudahannya membuat Digital Prototyping (benda digital yang nantinya akan dibuat). Dengan digital protyping kita bisa melakukan simulasi assy, overhaul, kekuatan, dll.Inventor dan Auto CAD merupakan produk dari perusahaan terkenal AUTODESK.
So sudah tidak ada lagi alasan untuk kita tidak belajar CAD. Apalagi di zaman globalisasi seperti ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s